Skip to content

Korea Selatan akan balas dendam 

03/05/2010

SEOUL.- Menteri Pertahanan Korea Selatan mengatakan negaranya akan membalas kematian 46 tentara angkatan laut anak kapal Cheonan yang tenggelam. Kim Tae-young berjanji akan mengambil “aksi hukuman” terhadap “pelaku yang membunuh tentara kita.”

Bagimanapun, beliau tidak memperincikan bentuk langkah yang akan diambil itu. Korea Selatan secara tidak langsung menuduh Korea Utara bertanggung jawab – dan Pyongyang membantah terlibat. Kapal Cheonan tenggelam setelah satu “ledakan” jarak dekat membelah kapal itu menjadi dua.

Bulan lalu, diadakan satu upacara pemakaman beramai-ramai bagi 46 tentera angkatan laut, termasuk enam orang yang jenazahnya tidak ditemui.

Para wartawan mengatakan banyak warga Korea Selatan yakin Korea Utara menenggelamkan kapal perang itu. Kapal Cheonan itu telah diangkat dari dasar laut dan sedang diteliti oleh satu pasukan pakar angkatan laut antarabangsa untuk mencari penyebab tenggelamnya kapal itu di dekat sempadan Korea Utara.

Menteri Pertahanan Korea Selatan mengatakan, satu tembakan torpedo menjadi salah satu penyebab utama insiden tersebut. Sejauh ini pasukan penyelidik mengatakan berhasil menemukan bukti ada satu ledakan di bawah laut dan belum diketahui apakah ada pecahan peluru.

Kim mengatakan para petugas meneliti pecahan alumunium, satu bahan utama dalam pembuatan torpedo, yang ditemukan di lokasi kejadian. “Saya yakin dengan meneliti sepenuhnya insiden ini, kita boleh menemukan penyebab gugurnya tentera kita,” ujarnya kepada televisyen “KBS” dan disiarkan “BBC”.

Secara tekniknya Korea Utara dan Korea Selatan masih dalam keadaan perang, karena perang 1950-1953 berakhir tanpa satu ikrar perdamaian. Selama bertahun-tahun memang sering terjadi pertempuran di kawasan pantai barat semenanjung Korea, lokasi tempat kapal Cheonan tenggelam.

From → Dunia

Comments are closed.

%d bloggers like this: