Skip to content

Buruh Indonesia mogok esok

30/04/2010

Persekutuan Pekerja BUMN Bersatu akan mogok di beberapa kota besar di Indonesia sebagai desakan kaum buruh kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar segera merumuskan program-program peningkatan kesejahteraan buruh.
“Aksi mogok nasional ini juga akan digelar di perusahaan-perusahaan BUMN yang biasa tetap memberikan pelayanan publik meskipun hari cuti,” kata Ketua Presidium BUMN Bersatu FX Arief Poyuono.
Mogok diadakan serentak di Medan, Jakarta, Pontianak, Semarang, Surabaya, Makassar, Batam dan Bandung.
Kalangan pekerja mengadakan mogok karena mereka merasa selama ini pemerintahan SBY tidak berpihak kepada mereka.
Persoalan penting yang dihadapi kaum pekerja pada era pemerintahan SBY sekarang ini adalah penurunan tingkat kepastian kerja dan tingkat kesejahteraan yang terus merosot.
Sementara itu, kalangan buruh di Gorontalo menuntut pemerintah setempat agar menaikkan upah minimum dari Rp 675.000 yang diperolehi ketika ini.
Tuntutan itu disampaikan oleh buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).
Ketua Umum Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (K-SBSI) Rekson Silaban menyatakan, pemerintah tidak pernah menyiapkan peta jalan (roadmap) untuk pengembangan kompetensi dan kesejahteraan pekerja/buruh.
Lebih parah, pemerintah justru lebih rela mengorbankan nasib pekerja/buruh dengan mengutamakan kepentingan pelaburan atau kepentingan investor.
Kerana itu, kata Rekson, tidak mengherankan jika kemampuan dan tingkat kesejahteraan pekerja/buruh masih jauh ketinggalan.
Apalagi peraturan perundangan di bidang pekerjaan tidak cukup melindungi kepentingan pekerja/buruh.
“Parahnya, ini pun kerap disalahgunakan pengusaha sehingga kehidupan pekerja benar-benar tertekan,” jelasnya.
“Lalu, waktu pencen nanti, tidak ada jaminan bahawa pekerja/buruh memiliki cukup dana untuk memenuhi keperluan hari tua,” katanya lagi.

From → Dunia

Comments are closed.

%d bloggers like this: